Selasa, 20 April 2010

coklat baik untuk kesehatan

Apakah Anda suka cokelat? atau sejenisnya seperti puding coklat? Hmmm... Pasti di antara Anda banyak yang mengatakan 'tidak'. Beberapa orang, khususnya perempuan menganggap cokelat adalah 'benda jahat' yang akan merusak program diet, membuat gemuk, dan menambah lemak. Namun anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar lho. Para peneliti cokelat menemukan banyak hal yang sangat bermanfaat dari cokelat untuk kesehatan.

Mengapa Cokelat Kaya Manfaat?

1. Karena cokelat mengandung senyawa Flavonoids
Cokelat terbuat dari biji cocoa yang kaya akan senyawa beraroma bernama flavonoids, yang juga terdapat di daun teh, kebanyakan buah-buahan dan sayur-sayuran.

2. Karena adanya senyawa Theobromine
Theobromine adalah senyawa alkaloid bersifat stimultan ringan, yang terdapat dalam cokelat. Theobromine dapat menstimulasi sel saraf kita, sehingga menimbulkan perasaan 'bersemangat' dan 'segar'.

3. Adanya kandungan senyawa Phenylethylamine
Phenylethylamine adalah senyawa sejenis amphetamin yang berfungsi untuk membantu penyerapan triptofan di otak.

Berikut ini adalah cokelat yang bagus untuk dikonsumsi:

- Dark chocolate, sepotong cokelat hitam yang mengandung 110-120 kalori atau tidak sampai separuh dari jumlah kalori yang terkandung pada sebatang cokelat susu.

- Frozen yogurt, ½ cangkir yogurt cokelat yang didinginkan mengandung 100 kalori, tak ada salahnya jika ditambahkan potongan strawberry segar.

- Chocolate popsicles, Anda dapat memilih cokelat popsicles rendah lemak yang memiliki kandungan 120 kalori.

- Chocolate puddings, sepotong puding cokelat hanya mengandung 120 kalori.

- Hot chocolate, secangkir cokelat panas terdiri dari 6 sendok susu krim (68 kalori), ½ sendok cocoa (10 kalori), ½ sendok gula (24 kalori).

- Old-fashioned chocolate ice cream floats. Float yang terdiri dari ½ cangkir cokelat rendah lemak dan diet soda sesuai pilihan Anda (110 kalori).

- Pure chocolate, sebatang cokelat murni atau kemasan 7 gr memiliki 36 kalori.

- Chocolate chips,cokelat chips mengandung 54 kalori.

- Chocolate jimmies, cokelat jimmies mengandung 20 kalori.

- Chocolate syrup. Sirup cokelat mengandung 50 kalori tiap sendoknya.

Jadi cokelat aman dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalani diet. Jangan takut mengkonsumsi cokelat, cokelat tidak sama dengan gemuk. Selamat menikmati kelezatan cokelat.

http://www.kapanlagi.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar